Potensi produksi kelapa sawit generasi terbaru

Potensi produksi kelapa sawit


Kelapa sawit mempunyai nilai ekonomis di lihat dari produksi TBS yang di hasilkan atau biasa diukur dengan produksi per ha per tahun, sekarang lebih di fokuskan CPO per ha per tahun.
TBS yang di hasilkan oleh pokok Kelapa Sawit di pengaruhi oleh kualitas bibit yang di tanam. Balai penelitian bibit kelapa Sawit di Indonesia cukup banyak dan salah satunya adalah PPKS Medan yang sebelumny di kenal dengan nama Marihat.
PPKS Medan telah menghasilkan berbagai macam bibit unggul kelapa sawit dan terus melakukan riset untuk menghasilkan bibit sesuai dengan permintaan pasar dan mampu bersaing.
Dengan semakin minimnya areal yang dibuka dan sebagian areal perlu di replanting maka di perlukan bibit dengan kualitas lebih baik yaitu mempunyai potensi produksi lebih baik untuk menutupi berkurangnya areal yang di buka untuk perkebunan kelapa sawit.
Di tahun 90 an bibit yang di tawarkan di pasaran umumnya mempunyai potensi produksi maksimal 30 - 32 ton per ha per tahun pada umur tanaman ter produktif saat ini bibit telah berkembang baik yaitu mampu mengasilkan hingga 35 ton per ha per tahun. Ini suatu hasil penelitian yang luat biasa untuk mengatasi berkurangnya lahan dan lebih memaksimalkan lahan yang di tanami kelapa sawit.

Berikut adalah daftar potensi produksi per ha per tahun sesuai umur tanaman dan kelas lahan dengan bibit dari PPKS Medan.

Demikian yang bisa di share untuk sekedar informasi. Terima kasih.


Comments